Kamis, 07 Juli 2011

Lawsonia inermis Linn (Pacar kuku)

Tanaman Lawsonia inermis Linn Famili Lythraceae. berasal dari daerah Afrika kemudian menyebar luas ke negara-negara Asia, Australia dan Eropa. Tanaman ini sering disebut dengan pacar kuku, pacar, atau henna. Tanaman ini jenis tanaman perdu yang tumbuh belukar setinggi 2-6 meter dan memiliki banyak dahan dan cabang. Kandungan kimia yang terkandung di dalam tanaman inai adalah bahan aktif yang disebut lawsone yang merupakan turunan naftokuinon. Kandungan kimia lainnya adalah 1,4-naftokuinon, hennoside A,B, C, laksanton I, II, III, apigenin, triterpenoid. Bahan pewarna yang terkandung didalamnya adalah lawsone (2-hidroksi-1,4-naftokuinon) berwarna merah coklat gelap dan digunakan sebagai masker pelindung kulit dari sinar matahari.

Penelitian yang dilakukan oleh Elya dkk. (2007) menunjukkan ekstrak 15% daun Lawsonia inermis Linn.) dapat digunakan untuk obat luka terbuka dan % penyembuhan luka terbuka setelah pemberian ekstrak pada semua dosis dibandingkan dengan betadin tidak berbeda bermakna. Pada penelitian lain ekstrak etanol 70%nya dapat menurunkan kadar glukosa darah mencit yang diinduksi dengan aloksan pada dosis 0,1g-0,8g/kgBB.

Publikasi
Syamsudin, Inawati and Hendig Winarno (2008). The effect of Inai ( Lawsonia inermis L) Leaves Extract on Blood Sugar Level: An Experimental Study. Res J Pharmacol 2(2):20-23

Tidak ada komentar:

Posting Komentar